An Honest Review; First Time Using Airbnb

  • January 16, 2017
  • By Herin Yose 효린
  • 2 Comments

안녕하세요


Airbnb kini menjadi alternative penginapan yang murah selain hotel ataupun hostel. Aku tahu Airbnb ini sejak beberapa tahun lalu dan telah memiliki account sekitar pertengahan 2015. Ketika merencanakan liburan ke Bali pada akhir December 2016, aku memutuskan mencari penginapan menggunakan jasa Airbnb. Karena liburan ini sedikit lama (10hari cukk), aku mencari penginapan berupa villa yang memiliki kolam renang. Kenapa ga nginap di hotel aja, kan ada kolam renangnya juga? In my case, karena tujuan aku ke Bali untuk bertemu dengan teman-temanku, sehingga membuatku merasa akan sangat tidak nyaman jika keluar masuk di Hotel dan akan lebih menyenangkan jika berkumpul tanpa khawatir mengganggu kamar sebelah atau ditegur sama manajemen hotel karena suara keras *ude kenal lama ngumpul pasti berisik la LoL XD*. So, private villa is good choice for.

Baca juga : AirBnb tips and tricks

Jauh hari sebelum memasuki bulan December, aku mulai mencari-cari tempat penginapan. Akhirnya setelah menyeleksi beberapa tempat berdasarkan foto, lokasi, review pengguna sebelumnya dan kegiatan yang akan aku lakukan selama berada di Bali. Aku memutuskan untuk menyewa satu villa di daerah Seminyak, karena villa tersebut memiliki kolam renang dan dapur untuk memasak, tetapi apa daya kata, pada awal November, aku mencoba menghubungi host pemilik tempat tersebut dan menginbox melalui website Airbnb, setelah hampir dua minggu tidak mendapatkan balasan dan aku mencoba melihat iklan untuk villa tersebut sudah tidak ada, agak sedih awalnya karena aku sangat menyukai tampilan villa nya yang modern tapi simple. Setelah bisa move on dari villa tersebut, aku mulai menghubungi villa option ke dua.. (sedia payung sebelum hujan cukk) LoL XD.. Karena berhubung aku liburannya di akhir tahun, sehingga villa yang awalnya masuk kedalam budget aku ternyata telah menbumbung tinggi (pas awal Dec baru mulai booking) =.=”.. hampir 2x lipat dan untuk tanggal 30 December 2016 -1 January 2017 bahkan mencapai IDR 2.5juta per malamnya. Padahal sebelumnya per malam hanya berkisar IDR  500-700ribu dihari-hari biasa. Setelah melalui pertimbangan matang, aku memutuskan untuk tetap membooking villa tersebut untuk tanggal 1-8 January 2017 dan untuk tanggal 30-31 December 2016, aku menyewa cottage. Untuk membooking penginapan di Airbnb, kita terlebih dahulu harus mempunyai account Airbnb. Untuk cara membuat account, serta tips and tricks, akan aku beri tahu di post selanjutnya.


Pada hari H, aku berangkat menggunakan penerbangan dengan Citilink Airlines, jarak antara My Home Sweet Home dengan Bandara Soekarno-Hatta padahal hanya sekitar 5-10menit (kalau tidak macet) tetapi dikarenakan aku membawa oleh-oleh berupa Ezo CheeseCake kesukaanku (berbagi kebahagian itu indah) LoL XD jadi agak sedikit rempong sehingga aku berangkat sedikit lebih pagi untuk check in bagasi (percayalah di bandara hampir mau nanggis () karena saking rempong banyak bawaan, laptop, oleh-oleh and beratnya koper). Aku sampai di Bali seharusnya jam 16:05 WIT tapi pesawatnya ‘ngaret’ parkir dan tungguin bagasi sampai jam 16:58 baru nonggol tuh koper (•́ ₃ •̀), sudah lelah raga waktu itu (kapok pergi jalan-jalan sendirian).. Setelah selesai mengambil koper kemudian aku menghubungi sang kekasih hati yang menjemput aku beserta temannya. Karena plannya adalah bertemu teman-temanku setelah sampai (buat kasih oleh-oleh cheesecake duank), aku jadi sedikit malam check-in ke penginapan pertamaku. Aku menghubungi hostnya, sebut saja Pak Rudi, Pak Rudi memberitahu untuk menghubungi staffnya yang bernama Pak Junaidy, Pak Junaidy ini kemudian aku hubungi dan aku mengabari sekitar jam 10an malam aku baru bisa menuju kesana. Setelah selesai berkumpul bersama teman-temanku kemudian aku pergi menuju penginapan Pak Rudi, tempat menuju penginapan tersebut tidak terlalu sulit (sok bener, padahal diantar sama orang Bali wkkwk), agak di dalam gang. Awalnya sedikit kecewa pada saat menuju tempat penginapan Pak Rudi yang jalannya sempit hanya selebar mungkin cuma 1.5 mobil (kebiasaan tinggal di Jakarta), sesampai disana kami disambut oleh Pak Junaidy yang sangat ramah, kami diantarkan ke cottage, kemudian Pak Junaidy juga menyampaikan jika ada kebutuhan tidak usah segan-segan menghubunginya. Setiap keluar masuk parkiran mobil juga, Pak Junaidy selalu membukakan gerbang, jadi sudah tidak usah bersusah-susah payah naik turun mobil hanya untuk buka gerbang. Untuk cottagenya sendiri termasuk lumayan luas dengan harga cuma IDR 200ribuan loh untuk per malamnya, kamarnya bersih dan berAC, kamar mandi yang memiliki water heaternya, serta meja rias dan kasur yang empuk. Sama persis dengan yang ditunjukan di dalam foto iklan Aibnbnya. Untuk kebersihan di cottage ini bisa saya acungkan jempol, tidak ada debu sedikitpun, seprai dan selimut yang bersih, bantal yang empuk, top markotop dah pokoknya. Pada saat menginap di cottage Pak Rudi saya tidak sempat bertemu dengan beliau, tetapi untuk kondisi cottage dengan harga terjangkau sudah pasti saya akan kembali lagi jika ada liburan singkat di Bali. 
Bagi yang tertarik bisa klik link ini :



Untuk penginapan yang kedua, Villa tersebut berada di daerah Renon yang dekat dengan Pantai Sanur (buat orang yang tinggal di Jakarta sih dekat yah, ga tau deh kalau yang tinggal di Bali wkwkk), untuk penginapan yang kedua hampir terjadi miskom, karena pada saat aku menghubungi Pak I Nyoman (yg memuat iklan untuk villa di Airbnb), Pak Nyoman memberitahukan untuk menghubungi Pak Sukaya, pada saat aku menghubungi Pak Sukaya hampir terjadi panic attack, dia berkata bahwa tidak ada info tamu yang menginap hari ini.. It’s like WTF (=.=#) Are you f kidding me? (-_-).. yang kemudian aku jelaskan bahwa aku menyewa villa tersebut melalui Airbnb dengan Pak I Nyoman dan akhirnya Pak Sukaya berkata bahwa beliau akan mencoba confirm dulu dengan Pak I Nyoman, menunggu dengan kekhawatiran yang amat sangat (karena sudah bayar dengan credit card dan nominalnya bikin sakit hati) akhirnya setelah hampir 10 menit berlalu, Pak Sukaya kembali menghubungi aku dan diberitahukan bahwa Pak Sukaya meminta waktu untuk membersihkan villa tersebut dulu sebelum ditempati. Nah~ pada akhirnya jam empat sore barulah bisa check-in. Arah menuju villa tersebut termasuk lumayan mudah (orang aku pakai waze LoL XD), jalannya lebar tetapi ketika hampir sampai ke villa tersebut jalan agak sedikit rusak. Pada saat sampai ke villa tersebut, Pak Sukaya menyambut kami dengan senyuman dan kemudian Pak Sukaya menjelaskan berberapa hal seperti menunjukan ruangan yang ada, cara menggunakan kompor, utilities yang ada di villa tersebut, lampu, kunci, etc etc. Awalny aku mengira Pak Sukaya adalah staff dari Pak I Nyoman, tetapi ternyata setelah berbincang-bincang dengan Pak Sukaya, aku baru mengetahui bahwa Pak I Nyoman yang saya hubungi melalui Airbnb itu semacam coordinator atau agen yang mencarikan penyewa untuk villa tersebut.


Di villa, terdapat dua kamar tidur, satu ruang tamu, ruang makan dan ruang dapur yang dapat terhubung langsung ke arah kolam renang. Untuk dapur tersedia kulkas dan amenities lainnya untuk memasak. Di masing-masing kamar tidur terdapat kamar mandi dengan atap yang terbuka dan masing-masing kamar tidur menghadap ke arah kolam renang. Villa ini juga dilengkapi dengan wi-fi yang dapat diakses setiap saat. Tepat di sebelah villa terdapat warung kecil-kecilan yang menjual berbagai kebutuhan harian dan makanan yang pastinya. Kondisi di daerah villa termasuk sunyi, walaupun banyak orang yang nongkrong di warung tetapi mereka tidak berisik. Oh ya~ sebelum pergi Pak Sukaya pun memberitahukan bahwa akan ada yang datang membersihkan kolam seminggu 2x yaitu pada hari Selasa dan Jumat. Untuk kebersihan di villa, aku merasa kurang, karena sepertinya seprai dan selimut tidak diganti (sok bersih ceritanya), terkadang wi-fi mengalami gangguan (mungkin pengaruh hujan, yah wajar kayanya, ga sampe lemot-lemot amat), selain itu semua tidak ada masalah. Bedanya dengan penginapan sebelumnya pun adalah dalam hal kunci mengunci dan buka membuka gerbang yang harus dilakukan sendiri karena kita menyewa keseluruhan villa. Jadi bakal ribet sedikit.. LoL XD *sok ribet padahal yg buka bukan diri sendiri*
Bagi yang tertarik bisa klik link ini :


Pada saat aku liburan banyak saudara dan teman-teman yang bilang “Wahh.. Mevvah ya Merin*/Tan** liburan lama tinggal di Villa”. Asal kalian tau, harga sewa di villa dan penginapan sebelumnya itu sudah jauh lebih murah dibandingan sewa Hotel 5.
* panggilan di rumah
** panggilan dari teman-teman gaming, mungkin mereka pikir namaku INTAN!!! @%&%&%*^$#*^#

Untuk foto-foto penginapannya, bisa langsung dilihat di Airbnb saja, karena aku tidak terlalu memegang hape/camera pada saat liburan.

Bagaimana pengalaman pertama menggunakan Aibnb?
Sangat mudah, sangat membantu juga dalam menemukan tempat yang sesuai budget dan keinginan, hampir dua tempat yang saya kunjungi sesuai dengan foto di iklannya dan yang penginapan yang kedua tidak menyangka akan sangat luas. *hari pertama ketakutan*

Apakah menyesel memesan penginapan di Airbnb?
Tentu saja tidakk~. Aku sebenarnya cukup seneng dengan Airbnb, terutama dengan kemudahan dalam memesan dan jaminan keamanan dalam pemesanan.

AirBnB itu mahal atau murah?
Hmm~ Kalau dilihat dari pengalaman aku mengunakan Airbnb, menurut aku sih tidak ya, tapi memang tidak bisa dipukul rata sih, kembali lagi ke tolak ukur masing-masing dan semua juga  kembali lagi kepada host penginapannya. Setahu aku penginapan Airbnb dimulai dari range harga ada yang puluhan ribu bahkan ada yang sampai puluhan juta untuk per malamnya, ada yang semacam kamar kos ala kadarnya, ada juga yang vila mewah, dengan kelengkapan fasilitas yang bervariasi. Berberapa kali juga aku melihat penginapan yang ala kadarnya bahkan lebih mahal dari cottagenya Pak Rudi dan yang villa lebih mahal dari tempat yang aku sewa tapi fasilitas yang tidak lengkap..

Harus punya akun AirBnB kalau mau booking akomodasi di AirBnB?
Betul sekali!!! Oh ya~ dan kalau ada yang tertarik menggunakan jasa Airbnb, bisa daftar melalu referral link di bawah ini (click gambarnya), kamu bisa dapatin potongan/kredit sejumlah Rp 295.000 untuk perjalanan pertama kamu mengunakan Airbnb. 
*Update 10/4/2017 Credit Rp. 350.000


Yak, sekian dulu. Nanti kalau sudah nambah pengalaman lagi, mungkin akan saya tambahkan post part-part selanjutnya di sini. Sementara itu, selamat ber-AirBnB!  Punya pengalaman dengan Airbnb? Yuk, sharing di comment!



xOxO,
Hyorin88



You Might Also Like

2 komentar

  1. Whoa nice review! Airbnb akhirnya muncul di Indo dan kayanya akan jadi alternatif untuk cari tempat nginep kalo sama keluarga.. biar murah wkwk

    http://jtravelsteps.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya akhirnya masuk ke indo dan actually very useful banget apalagi buat traveller/backpacker buat alternatif penginapan super murah tapi ga murahan..

      xoxo,
      hyorin88

      Delete

Comments related about SARA, PORN, and SPAM will be removed
Thank You for visiting My Blog

XoXo,
Hyorin88