Airbnb; Tips and Tricks

  • January 31, 2017
  • By Herin Yose 효린
  • 3 Comments

Apa sih Airbnb itu? Airbnb, ini menjadi semacam alternative penginapan yang murah tapi tidak murahan untuk kalian yang suka jalan-jalan. Host penginapan dapat menyewakan tempatnya dalam jangka waktu harian, mingguan bahkan sampai bulanan kepada penyewa dan Airbnb sekarang juga mempunyai aplikasi online untuk IOS dan Android yang memudahkan kita dalam pemesanan. Untuk memesan penginapan di Airbnb, sebelumnya kamu harus memiliki akun terlebih dahulu.


Cara membuat akun Airbnb:
Daftar di https://www.airbnb.com/ atau kamu mau mendapatkan diskon seharga Rp. 295.000 untuk penggunakan pertama, bisa sign up dari link ini https://www.airbnb.co.id/c/heriny, dan ada pilihan untuk daftar menggunakan Google, Facebook ataupun Email, tinggal kamu pilih. 






Setelah itu, isi biodata kamu, seperti alamat email, nama, password dan tanggal lahir, setelah itu kamu dapat mensetting foto profil, kemudian akan diberikan cara memverifikasi akun kamu menggunakan nomor telepon dan email. 






Akun yang diverifikasi (verified) akan lebih dipercaya oleh host AirBnB maupun penggunanya jasanya.

Cara pemesanan penginapan AirBnB:
Pilih tujuan dan tanggal destinasi kamu. Setelah kamu klik CARI akan muncul berbagai pilihan. Untuk mempersempit pilihan kamu dapat lakukan dengan pemilihan di filter; lokasi, jumlah tamu, type kamar, rentang harga, etc.






Type kamar disini ada tiga jenis :
ü Seluruh rumah yang artinya kamu memesan satu rumah/villa untuk diri kamu sendiri yang kebanyakan biasanya jumlah tamu yang diperbolehkan lebih dari dua orang
ü Kamar Sendiri, disini kamu menyewa salah satu kamar dari sekian kamar yang disewakan, biasanya jumlah tamu hanya dibatasi dua orang saja, terkadang ada yang max. empat orang dengan penambahan biaya.
ü Kamar Bersama, semacam dome, kamar yang disewakan dipakai bersama dengan tamu-tamu lainnya yang menginap di tempat tersebut.

Direntang harga ini kamu dapat mencari akomodasi penginapan sesuai dengan budget kantong kamu.

Pemesanan instant, memudahkan kamu dalam memesan tempat tinggal tanpa kamu menunggu konfirmasi dari host penginapan karena akan terkonfirmasi secara langsung pada saat kamu melakukan pembayaran.

Setelah kamu filter. Nah~ waktunya memilih penginapan yang menarik buat kamu.  Perhatikan foto-fotonya, baca semua keterangannya termasuk fasilitas, comments dan peraturannya. Ini penting, loh! Biar kamu tidak salah dalam pemilihan penginapan. Terkadang ada beberapa yang tidak sesuai. Jadi supaya aman, sekedar saran lebih baik memesan di tempat host yang memiliki logo host teladan dan terverifikasi.

Keuntungan menggunakan Airbnb?
ü Aman. Jadi pada saat memesan suatu tempat, biaya yang kamu keluarkan akan ditahan dulu oleh Airbnb sampai kedatangan kamu ke tempat penginapan tersebut dan baru dikirimkan ke host tempat tinggal satu hari setelah kamu menginap. Ada juga fitur rating dan comments yang diberikan oleh penyewa dan host tempat tinggal. Bahkan jika host yang sering mengcancel request setelah disetujui akan terlihat di bagian colomn comments. Jadi, baik penyewa maupun host pemilik penginapan mengetahui reputasi masing-masing.
ü Kemudahan dalam pemesanan. Saran aku carilah tempat penginapan dengan host yang telah terverfikasi yang mempunyai logo host teladan dengan sistem penerimaan pemesanan instan. Di Airbnb, ada beberapa sistem host yang diterapkan; salah satunya “Pemesanan Instan”. Nah, Pemesanan Instan ini kita dapat langsung memesan tanpa deg-degan menunggu diapprove atau tidaknya tempat yang mau kita sewa dan biasanya host teladan akan sangat jarang atau bahkan tidak pernah mencancel pemesanan yang telah diapprove.
ü Banyak pilihan. Pintar-pintar dalam memilih tempat penginapan di Airbnb. Jika beruntung kamu dapat harga murah dengan fasilitas yang lengkap seperti pengalamanku sebelumnya di Bali. Dengan harga jauh dibawah hotel 5 tapi mendapatkan villa dengan fasilitas yang lengkap seperti dapur, ruang tamu, kolam renang dan sebagainya.
ü Fleksibel. Banyak hotel yang membatasi max. 2 orang per kamar. Waktu searching kemarin aku banyak melihat walaupun cuma 1kamar 1kasur diperbolehkan sampai max. 4 orang. Dan untuk beberapa tempat rata-rata untuk check-in jam 14:00 dan check-outnya jam 12:00 tapi terkadang diperbolehkan lebih lama check outnya jika pada hari itu tidak ada yang menginap. Dengan Airbnb, kita dapat melakukan kesepakatan mengenai masalah waktu check-in dan check-out di awal transaksi. Coba kalau di hotel, mana bisa check-out lebih dari jam 12:00, yang ada dikenakan charge lagi. ()

Kerugian menggunakan Airbnb?
ü Hoki-hokian. Jika biasanya dihotel sudah ada SOP dalam penerapan penerimaan tamu. Nah~ kalau di Airbnb semua kembali lagi ke hoki-hokian nemuin host yang bagus dan cepat tanggap. Seperti gini contohnya, ada tempat villa yang bagus banget tapi hostnya abal”an, kalau ada masalah susah dihubungi atau kalau complain tidak ditanggapi. Semua tergantung oleh si host penginapan. Jika beruntung, akan mendapat penginapan fasilitas 5 dengan harga murah. Jika apes, ya derita.. wkwk Makanya dari itu aku sarankan carilah host yang sudah diverifikasi dan mempunyai logo host teladan. Selebihnya dari itu kayanya tidak ada kerugiannya sih. Entah ini bisa disebut kerugian atau tidak.. LoL XD #labil

Pengalaman aku menggunakan AirBNB di Bali dapat dibaca disini.

Tips and Tricks mencari penginapan.
ü Pilihlah penginapan dengan host yang terverifikasi, logo host teladan dan memiliki review banyak.
ü Untuk memudahkan pemesanan, carilah penginapan dengan sistem pemesanan instant.
ü Atur jadwal kegiatan dan pilihlah lokasi yang terdekat dengan kegiatan yang akan dilakukan.
ü Pilih filter bahasa untuk host, terkadang jika kita keluar negeri belum tentu kita menguasai bahasa setempat. Nah maka pilihlah pilihan dengan host yang bisa berbahasa English (at least pasti bisa ngomong dikit lah walau aa ii uu ee oo dikit-dikit).
ü Kirim pesan kepada host terlebih dahulu jika ada pertanyaan-pertanyaan yang ingin ditanyakan mengenai kondisi sekitar penginapan.

Tips menjadi tamu yang baik
ü Jadilah tamu yang baik dengan mengikuti peraturan dari host penginapan, terutama yang menyangkut keamanan rumahnya. Jika ada fasilitas yang kamu rasa kurang, bilang saja ke Host dengan baik-baik, siapa tahu dia bisa memperbaiki, jangan maen upload di sosmed yang menjelekan penginapan (apalagi di jaman sekarang jari ngetik ga pake mikir, kan orang mau cari rezeki kuk disusahin)
ü Ketika check-out, pastikan kamu meninggalkan penginapan dalam kondisi bersih dan tidak berantakan (dalam artinya kembalikan semua barang yang dipakai pada tempatnya dan jika ada sampah-sampah dapat dibuang pada tempatnya). Pamit pada host, check out sesuai peraturannya.
ü Jangan lupa menulis review untuk host, pada tanggal check-out, kita akan dikirimkan email dari Airbnb yang isinya diminta untuk menulis review untuk penginapan. Email ini juga akan dikirimkan oleh Airbnb kepada si pemilih penginapan untuk menulis review kita sebagai tamunya. Review baru akan muncul di profile pada saat masing-masing kedua belah pihak sudah menulis review. Review kita untuk host biasanya ada dua, 1 kritik dan masukan yang hanya dapat dibaca oleh host supaya lebih baik lagi (selama kekurangan masih bisa ditoleransi, supaya tidak memberikan reputasi buruk jika cuma hal sepele) dan review untuk umum yang dimunculkan di review penginapan tersebut.

Nah~ sekian pembahasan aku tentang Airbnb, semoga membantu kalian semua yang ingin menggunakan Airbnb dan mencegah kemungkinan dari kejadian tidak menyenangkan dalam menggunakan Airbnb.



xOxO,

Hyorin88




You Might Also Like

3 komentar

  1. Ih seru banget yah.. Layak dicoba nih.. Berarti kita nginep di rumah orang gitu ya kasarnya??

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nginep di rumah orang gitu.. asik sih, tergantung pilihannya aj.. ad yg tinggal bareng sama pemiliknya ada juga yang bisa tinggal sendiri..

      Delete

Comments related about SARA, PORN, and SPAM will be removed
Thank You for visiting My Blog

XoXo,
Hyorin88